LAPORAN BAHAN BACAAN
PENDEKATAN METODE STRATEGI
DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
NAMA : ANGGIRIALDI IDAFI
NIM : 11901212
KELAS : PAI-4/E
MAKUL : MAGANG 1
DOSEN : FARNINDA ADITYA, M. PD.
A.
IDENTITAS BUKU
PEMBELAJARAN
Penulis : Prof. Dr. La Iru, S.H., M.Si., dan La Ode Safiun Arihi, S.
Pd. M. Pd,
Cetakan : Cetakan 1, agustus 2012
ISBN : 978-602-18309-7-0
Penerbit : Multi Presindo Jl. Wonosari, Mantub, No. 144 RT 15 Batureto,
Banguntapan,
Bantul, DIY
Dilihar
dari aspek proses pengolahan pesan, strategi pembelajaran dapat dikelompokkan
ke dalam dua jenis, yaitu strategi pembelajaran deduktif dan pembelajaran
induktif.
Dalam
strategi pembelajaran deduktif, pesan atau materi pelajaran itu diolah mulai dari
yang umum, yaitu rumus konsep atau rumusan aturan, dilanjutkan ke hal yang khusus,
yaitu penjelasan bagian-bagiannya atau atribut-atributnya (ciri-ciri) dengan
menggunakan berbagai ilustrasi atau contoh. Strategi pembelajaran deduktif
antara lain dapat digunakan pada pelajaran mengenai konsep “terdefinisi”. Proses
pembelajaran deduktif dilakukan melalui Langkah-langkah berikut:
1.
Merumuskan
pandangan konsep
2.
Menjelaskan
konsep
3.
Pencarian
data yang dilakukann oleh siswa
4.
Simpulan.
Strategi
pembelajaran deduktif tetap digunakan apabila konsep yang akan dibahas
merupakan konsep baru bagi siswa, untuk membahas suatu konsep relative terbatas.
Dalam
strategi pembelajaran induktif, pesan materi pelajaran diolah mulai dari yang
khusus, yaitu bagian atau ciri-ciri, menuju ke yang umum, yaitu rumusan konsep,
aturan.
Dengan
memperhatikan definisi tersebut, maka kita dapat merancang pembelajaran dengan
strategi pembelajaran induktif. Adapun Langkah-langkah dalam proses
pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Pengajuan
data/fakta atau peristiwa khusus
2.
Penyusunan
konsep berdasarkan f
akta-fakta
3.
Penyusunan
generalisasi berdasarkan konsep-konsep
4.
Terapan
generalisasi pada data baru atau hipotesis
5.
Penarikan
kesimpulan lanjut.
Atas
dasar pihak pengolahan pesan strategi pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua
jenis, yaitu pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran heuristic.
Strategi
pembelajaran eskpositori adalah strategi pembelajaran yang lebih berorientasi
pada guru dalam arti bahwa semua pesan pembelajaran yang diharapkan untuk
dikuasi oleh siswa telah diolah dalam bentuk barang jadi oleh guru dan
selanjutnya disampaikan pada siswa. Dalam proses pembelajaran ekspositori, sebelum
pembelajaran berlangsung, guru mempelajari materi pelajaran dari berbagai
sumber yang ada. Kemudian melakukan Langkah-langkah berikut:
1.
Guru
menjelaskan materi pelajaran secara rinci kepada siswa. Pada saat menjelaskan,
sebaiknya guru menggunakan alat peraga. Setelah guru menjelaskan guru melaksanakan
tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan.
2.
Siswa
di bawah bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran tersebut.
3.
Siswa
diminta mencatat materi pelajaran dan/atau mempelajari Kembali di rumah
masing-masing.
Kemudian
strategi pembelajaran heuristic adalah strategi pembelajaran yang menghendaki
siswa untuk terlihat aktif dalam proses pengolahan pesan-pesan belajar atau
tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran heuristic lebih berpusat pada siswa
dan tujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual, berani berpikir kritis dan
memecahkan masalah dari para siswa. Peran guru dalam strategi pembelajaran heuristic
adalah menciptakan suasana berpikir sehingga siswa berani bereksplorasi dalam
penemuan dan pemecahan masalah. Proses pembelajaran heuristic dapat dilakukann
sebagai berikut:
1.
Satu
atau dua orang siswa mengidentifikasi masalah
2.
Siswa
menuliskan hasil identifikasi masalah
3. Siswa
atau kelompok lain diminta untuk mengidentifikasi masalah yang lain yang belum
teridentifikasi
4.
Semua
siswa diminta untuk menyelesaikan masalah yang telah diidentifikasi
5.
Penyamaan
persepsi tentang jawaban masalah yang telah diidentifikasi
6.
Simpulan.
Keuntungan menggunakan strategi pembelajaran heuristic bagi siswa adalah secara berangsur0angsur akan terbentuk sikap positif terhadap diri mereka antara lain kreatifm inovatif, percaya diri, terbuka, dan mandiri.
Masih ada lagi strategi pembelajaran lainnya untuk ini
penulis hanya bisa menguraikan bacaan penulis cukup sampai disini temam-teman
bisa mencari referensi macam-macam strategi pembelajaran lainnya di jurnal,
e-book, buku, dan bahan ajar lainnya. Mohon apabila penulis ada salah-salah
dalam penulis untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis
harapkan untuk penulis perbaiki dalam sistematis penulisan. Terimakasih sudah
berkunjung di blog penulis, jangan lupa share ke teman-teman yang lain agar mereka
bisa membaca dan mengetahui beberapa model-model strategi pembelajaran yang
guru mereka terapkan dikelas. Sampai bertemu Kembali di blog saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar