Minggu, 11 April 2021

PENDEKATAN METODE STRATEGI DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN



 LAPORAN BAHAN BACAAN

PENDEKATAN METODE STRATEGI

DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

NAMA           : ANGGIRIALDI IDAFI

NIM                : 11901212

KELAS          : PAI-4/E

MAKUL        : MAGANG 1

DOSEN          : FARNINDA ADITYA, M. PD.

A.  IDENTITAS BUKU

Judul           : PENDEKATAN METODE STRATEGI DAN MODEL-MODEL

PEMBELAJARAN

Penulis        : Prof. Dr. La Iru, S.H., M.Si., dan La Ode Safiun Arihi, S. Pd. M. Pd,

Cetakan      : Cetakan 1, agustus 2012

ISBN          : 978-602-18309-7-0

Penerbit      : Multi Presindo Jl. Wonosari, Mantub, No. 144 RT 15 Batureto,

Banguntapan, Bantul, DIY

B.  URAIAN ISI BACAAN

Dilihar dari aspek proses pengolahan pesan, strategi pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu strategi pembelajaran deduktif dan pembelajaran induktif.

Dalam strategi pembelajaran deduktif, pesan atau materi pelajaran itu diolah mulai dari yang umum, yaitu rumus konsep atau rumusan aturan, dilanjutkan ke hal yang khusus, yaitu penjelasan bagian-bagiannya atau atribut-atributnya (ciri-ciri) dengan menggunakan berbagai ilustrasi atau contoh. Strategi pembelajaran deduktif antara lain dapat digunakan pada pelajaran mengenai konsep “terdefinisi”. Proses pembelajaran deduktif dilakukan melalui Langkah-langkah berikut:

1.    Merumuskan pandangan konsep

2.    Menjelaskan konsep

3.    Pencarian data yang dilakukann oleh siswa

4.    Simpulan.

Strategi pembelajaran deduktif tetap digunakan apabila konsep yang akan dibahas merupakan konsep baru bagi siswa, untuk membahas suatu konsep relative terbatas.

Dalam strategi pembelajaran induktif, pesan materi pelajaran diolah mulai dari yang khusus, yaitu bagian atau ciri-ciri, menuju ke yang umum, yaitu rumusan konsep, aturan.

Dengan memperhatikan definisi tersebut, maka kita dapat merancang pembelajaran dengan strategi pembelajaran induktif. Adapun Langkah-langkah dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.    Pengajuan data/fakta atau peristiwa khusus

2.    Penyusunan konsep berdasarkan f
akta-fakta

3.    Penyusunan generalisasi berdasarkan konsep-konsep

4.    Terapan generalisasi pada data baru atau hipotesis

5.    Penarikan kesimpulan lanjut.

Atas dasar pihak pengolahan pesan strategi pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran heuristic.

Strategi pembelajaran eskpositori adalah strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada guru dalam arti bahwa semua pesan pembelajaran yang diharapkan untuk dikuasi oleh siswa telah diolah dalam bentuk barang jadi oleh guru dan selanjutnya disampaikan pada siswa. Dalam proses pembelajaran ekspositori, sebelum pembelajaran berlangsung, guru mempelajari materi pelajaran dari berbagai sumber yang ada. Kemudian melakukan Langkah-langkah berikut:

1.    Guru menjelaskan materi pelajaran secara rinci kepada siswa. Pada saat menjelaskan, sebaiknya guru menggunakan alat peraga. Setelah guru menjelaskan guru melaksanakan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan.

2.    Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran tersebut.

3.    Siswa diminta mencatat materi pelajaran dan/atau mempelajari Kembali di rumah masing-masing.

Kemudian strategi pembelajaran heuristic adalah strategi pembelajaran yang menghendaki siswa untuk terlihat aktif dalam proses pengolahan pesan-pesan belajar atau tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran heuristic lebih berpusat pada siswa dan tujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual, berani berpikir kritis dan memecahkan masalah dari para siswa. Peran guru dalam strategi pembelajaran heuristic adalah menciptakan suasana berpikir sehingga siswa berani bereksplorasi dalam penemuan dan pemecahan masalah. Proses pembelajaran heuristic dapat dilakukann sebagai berikut:

1.    Satu atau dua orang siswa mengidentifikasi masalah

2.    Siswa menuliskan hasil identifikasi masalah

3. Siswa atau kelompok lain diminta untuk mengidentifikasi masalah yang lain yang belum teridentifikasi

4.    Semua siswa diminta untuk menyelesaikan masalah yang telah diidentifikasi

5.    Penyamaan persepsi tentang jawaban masalah yang telah diidentifikasi

6.    Simpulan.

Keuntungan menggunakan strategi pembelajaran heuristic bagi siswa adalah secara berangsur0angsur akan terbentuk sikap positif terhadap diri mereka antara lain kreatifm inovatif, percaya diri, terbuka, dan mandiri.

Masih ada lagi strategi pembelajaran lainnya untuk ini penulis hanya bisa menguraikan bacaan penulis cukup sampai disini temam-teman bisa mencari referensi macam-macam strategi pembelajaran lainnya di jurnal, e-book, buku, dan bahan ajar lainnya. Mohon apabila penulis ada salah-salah dalam penulis untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan untuk penulis perbaiki dalam sistematis penulisan. Terimakasih sudah berkunjung di blog penulis, jangan lupa share ke teman-teman yang lain agar mereka bisa membaca dan mengetahui beberapa model-model strategi pembelajaran yang guru mereka terapkan dikelas. Sampai bertemu Kembali di blog saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN HASIL BACAAN 4 KOMPETENSI GURU PROFESIONAL   NAMA                        : ANGGIRIALDI IDAFI NIM                            ...