Sabtu, 17 April 2021

STRATEGI PEMBELAJARAN

 

LAPORAN BAHAN BACAAN

PENDEKATAN METODE STRATEGI

DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

NAMA           : ANGGIRIALDI IDAFI

NIM                : 11901212

KELAS          : PAI-4/E

MAKUL        : MAGANG 1

DOSEN          : FARNINDA ADITYA, M. PD.

A.  IDENTITAS BUKU

Judul           : PENDEKATAN METODE STRATEGI DAN MODEL-MODEL

PEMBELAJARAN

Penulis        : Prof. Dr. La Iru, S.H., M.Si., dan La Ode Safiun Arihi, S. Pd. M. Pd,

Cetakan      : Cetakan 1, agustus 2012

ISBN          : 978-602-18309-7-0

Penerbit      : Multi Presindo Jl. Wonosari, Mantub, No. 144 RT 15 Batureto,

Banguntapan, Bantul, DIY

B.  URAIAN ISI BACAAN

Kemarin kita sudah membahas tentang strategi pembelajaran deduktif, induktif, ekspositori dan srtategi pembelajaran heuristic. untuk kali ini saya akan melanjutkan ke strategi pembelajaran berdasarkan pengaturan guru, strategi pembelajaran berdasarkan pengaturan siswa, strategi pembelajaran berdasarkan interaksi guru dan siswa, serta strategi pembelajaran berdasarkan struktur peristiwa belajar-mengajar.

1.    Strategi Pembelajaran Berdasarkan Pengaturan Guru

Dilihat dari segi pengaturan guru, strategi pembelajaran dapat dibedakan atas :

a.    Strategi pembelajaran dengan/oleh atau seorang yaitu seorang guru mengajar sejumlah siswa. Sementara itu, yang dimaksud dengan strategi pembelajaran beregu adalah pembelajaran yang dilaksanakan oleh dua orang atau lebih guru mengajar satu mata pelajaran, atau mengajarkan salah satu tema yang pembahasannya menyangkut berbagai mata pelajaran.

b.    Strategi pembelajaran dengan/oleh team teaching yaitu pembelajaran beregu atau tim pada mata pelajaran tertentu misalnya IPA dan IPS

2.    Strategi Pembalajaran Berdasarkan Pengaturan Siswa

Berdasarkan pengaturan siswa strategi pembelajaran dapat dibedakan atas :

a.    Strategi pembelajaran individual, yaitu pembelajaran yang diorganisasikan secara individual dengan orientasi pemberian kesempatan kepada setiap siswa secacra individu untuk belajar sesuai dengan kemampuan sendiri dengan tujuan untuk mengembangkan potensi/kemampuan setiap individu secara optimal.

b.    Strategi pembelajaran kelompok kecil yaitu pembelajaran di mana peserta didik diorganisasi dalam kelompok-kelompok kecil, besarnya 4-7 orang mendiskusikan dan/atau mengerjakan topik/tugas-tugas yang dihadapkan kepada mereka.

c.    Strategi pembelajaran klasikal yaitu pembelajaran di mana sejumlah peserta didik sekitaran 35-45 orang diasumsikan memiliki usia dan kemampuan relatif sama dikumpulkan dalam satu kelas, kemudian diajar oleh seorang guru dengan menggunakan format pembelajaran yang sama untuk seluruh siswa dalam kelas.

3.    Strategi Pembelajaran Berdasarkan Interaksi Guru dan Siswa

Berdasarkan interaksi guru dan siswa strategi pembelajaran dibedakan atas :

a.    Strategi pembelajaran tatap muka yaitu di mana guru dan siswa berada dalam satu ruangan /kelas dengan komunikasi /interaksi pembelajaran yang berlangsung secara face to face communication.

b.    Strategi pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran di mana guru dan siswa tidak berada dalam satu ruangan/kelas sehingga komunikasi/interaksi pembelajaran berlangsung melalui penggunaan media/teknologi pembelajaran sebagai perantara.

4.    Strategi Pembelajaran Berdasarkan Struktur Peristiwa Belajar-Mengajar

Berdasarkan struktur peristiwa belajar-mengajar strategi pembelajaran dibedakan atas :

a.    Strategi pembelajaran tertutup, semua komponen pembelajaran seperti penentuan tujuan, materi/media/sumber-sumber belajar serta prosedur/Langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh/dilaksanakan di kelas semua telah dirancang/dilakukan secara ketat oleh guru tanpa melibatkan siswa.

b.    Strategi pembelajaran terbuka siswa diiberi peluang/kesempatan untuk memberikan urunan dalam merancang/menentukan komponen-komponen pembelajaran termasuk dalam menentukan prosedur atau Langkah pembelajaran sementara pembelajaran berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN HASIL BACAAN 4 KOMPETENSI GURU PROFESIONAL   NAMA                        : ANGGIRIALDI IDAFI NIM                            ...