LAPORAN BAHAN BACAAN
PENDEKATAN METODE STRATEGI
DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
NAMA : ANGGIRIALDI IDAFI
NIM : 11901212
KELAS : PAI-4/E
MAKUL : MAGANG 1
DOSEN : FARNINDA ADITYA, M. PD.
A.
IDENTITAS BUKU
Judul : PENDEKATAN METODE STRATEGI DAN MODEL-MODEL
PEMBELAJARAN
Cetakan : Cetakan 1, agustus 2012
ISBN : 978-602-18309-7-0
Penerbit : Multi Presindo Jl. Wonosari, Mantub, No. 144 RT 15 Batureto,
Banguntapan,
Bantul, DIY
B. URAIAN ISI BACAAN
Kemarin kita sudah membahas tentang strategi
pembelajaran deduktif, induktif, ekspositori dan srtategi pembelajaran
heuristic. untuk kali ini saya akan melanjutkan ke strategi pembelajaran
berdasarkan pengaturan guru, strategi pembelajaran berdasarkan pengaturan
siswa, strategi pembelajaran berdasarkan interaksi guru dan siswa, serta
strategi pembelajaran berdasarkan struktur peristiwa belajar-mengajar.
1.
Strategi
Pembelajaran Berdasarkan Pengaturan Guru
Dilihat dari segi pengaturan guru, strategi
pembelajaran dapat dibedakan atas :
a.
Strategi pembelajaran dengan/oleh atau seorang
yaitu seorang guru mengajar sejumlah siswa. Sementara itu, yang dimaksud dengan
strategi pembelajaran beregu adalah pembelajaran yang dilaksanakan oleh dua
orang atau lebih guru mengajar satu mata pelajaran, atau mengajarkan salah satu
tema yang pembahasannya menyangkut berbagai mata pelajaran.
b.
Strategi pembelajaran dengan/oleh team teaching
yaitu pembelajaran beregu atau tim pada mata pelajaran tertentu misalnya IPA
dan IPS
2.
Strategi
Pembalajaran Berdasarkan Pengaturan Siswa
Berdasarkan pengaturan siswa strategi
pembelajaran dapat dibedakan atas :
a.
Strategi pembelajaran individual, yaitu
pembelajaran yang diorganisasikan secara individual dengan orientasi pemberian
kesempatan kepada setiap siswa secacra individu untuk belajar sesuai dengan
kemampuan sendiri dengan tujuan untuk mengembangkan potensi/kemampuan setiap
individu secara optimal.
b.
Strategi pembelajaran kelompok kecil yaitu
pembelajaran di mana peserta didik diorganisasi dalam kelompok-kelompok kecil,
besarnya 4-7 orang mendiskusikan dan/atau mengerjakan topik/tugas-tugas yang
dihadapkan kepada mereka.
c.
Strategi pembelajaran klasikal yaitu
pembelajaran di mana sejumlah peserta didik sekitaran 35-45 orang diasumsikan
memiliki usia dan kemampuan relatif sama dikumpulkan dalam satu kelas, kemudian
diajar oleh seorang guru dengan menggunakan format pembelajaran yang sama untuk
seluruh siswa dalam kelas.
3.
Strategi
Pembelajaran Berdasarkan Interaksi Guru dan Siswa
Berdasarkan interaksi guru dan siswa strategi
pembelajaran dibedakan atas :
a.
Strategi pembelajaran tatap muka yaitu di mana
guru dan siswa berada dalam satu ruangan /kelas dengan komunikasi /interaksi
pembelajaran yang berlangsung secara face to face communication.
b.
Strategi pembelajaran jarak jauh yaitu
pembelajaran di mana guru dan siswa tidak berada dalam satu ruangan/kelas
sehingga komunikasi/interaksi pembelajaran berlangsung melalui penggunaan
media/teknologi pembelajaran sebagai perantara.
4.
Strategi
Pembelajaran Berdasarkan Struktur Peristiwa Belajar-Mengajar
Berdasarkan struktur peristiwa belajar-mengajar
strategi pembelajaran dibedakan atas :
a.
Strategi pembelajaran tertutup, semua komponen
pembelajaran seperti penentuan tujuan, materi/media/sumber-sumber belajar serta
prosedur/Langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh/dilaksanakan di kelas
semua telah dirancang/dilakukan secara ketat oleh guru tanpa melibatkan siswa.
b.
Strategi pembelajaran terbuka siswa diiberi peluang/kesempatan
untuk memberikan urunan dalam merancang/menentukan komponen-komponen
pembelajaran termasuk dalam menentukan prosedur atau Langkah pembelajaran
sementara pembelajaran berlangsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar